Sabtu, 04 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA NAMPUDADI KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN, JAM OPERASIONAL PELAYANAN HARI SENIN - KAMIS JAM 08.00 S/D 15.00, HARI JUM'AT JAM 08.00 S/D 11.00, PATUHI PROTOKOL KESEHATAN COVID - 19
 

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM PELATIHAN

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM PELATIHAN

Nampudadi, 06 Oktober 2023 - Desa Nampudadi, yang terletak di Kecamatan Petanahan, Jawa Tengah, menjadi saksi Pelaksanaan Pelatihan Pemberdayaan Perempuan yang menginspirasi. Acara ini dihadiri oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan dari Pokja 1 Ibu Siswati dan Perwakilan Pokja 3, peserta pelatihan kader perempuan Desa Nampudadi, dan diadakan dalam tiga tahap yang berbeda untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perempuan desa dalam berbagai bidang.

Pada tanggal 26 September 2023, acara pertama dimulai dengan pelatihan pembuatan garmis. Dalam pelatihan ini, menghadirkan Narasumber Mamicake. Pelatihan dalam membuat garnis dari sayuran adalah cara yang kreatif untuk menghias hidangan  dan membuatnya terlihat lebih menarik. Garnis sayuran dapat digunakan untuk menyempurnakan hidangan untuk keluarga atau bisa diterapkan dalam perlombaan menghias tumpeng.Hal ini bertujuan untuk memberikan keterampilan yang dapat dipratekkan dikeluarga atau untuk even even perlombaan..

Dua hari setelahnya, pada tanggal 28 September 2023, , peserta pelatihan berganti fokus ke pembuatan buket snack dan uang mainan. sebagai  narasumber Sdr.i Desi Wahyu Ningsih putri asli kelahiran Desa Nampudadi.Pelatihan ini mengajarkan cara menggabungkan  snack makanan ringan dan uang Mainan menjadi rangkaian yang cantik dan menarik. Selain sebagai keterampilan dekoratif, pembuatan buket juga memiliki potensi bisnis yang cukup besar, khususnya dalam mendukung industri pernikahan dan acara-acara khusus.

Acara puncak dari rangkaian pelatihan ini berlangsung pada tanggal 1 Oktober 2023, dengan pelatihan pembuatan sabun. Peserta diajarkan cara membuat sabun yang bisa digunakan untuk mencuci alat alat dapur . Selain membantu mengurangi pengeluaran rumah tangga, pelatihan ini juga bertujuan untuk mengedukasi tentang penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan dan nantinya juga memiliki potensi bisnis yang cukup besar.

Ibu-ibu dan perempuan desa Nampudadi sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka berharap dapat mengaplikasikan keterampilan yang baru mereka pelajari untuk meningkatkan kualitas hidup mereka sendiri dan kontribusi mereka terhadap masyarakat desa. Acara ini juga menjadi ajang untuk mempererat ikatan sosial antara perempuan-perempuan desa, memperkuat persaudaraan, dan mendukung pengembangan keterampilan yang berkelanjutan.

Ketua PKK Kecamatan Petanahan yang dalam hal ini dihadiri oleh Pokja 1 Ibu Siswati mengatakan, "Kami sangat bangga dengan semangat dan antusiasme Kader kader Perempuan  Desa Nampudadi. Mereka telah menunjukkan kemauan dan komitmen untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan mereka. Semua ini merupakan upaya untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga dan memajukan desa kita bersama."

Semoga pelatihan ini menjadi landasan bagi Masyarakat khususnya kaum perempuan di Desa Nampudadi untuk meraih masa depan yang lebih cerah dan berkontribusi positif bagi masyarakat desa mereka.

 

Kontributor Berita

PPID Nampudadi News

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2